Kamis, 01 September 2016

Sertifikasi Guru Melalui PLPG 2016 Dimulai September Dibiayai Pemerintah

BERITAPNS.COM--- Berikut kami sajikan informasi bermanfaat bagi anda para guru yang sedang menanti adanya proses Sertifikasi Guru melalu Program PLPG 2016,bagaimana proses PLPG ini silahkan simak penjelasan lengkapnya.



Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Sumarna Surapranata mengatakan sertifikasi guru tahun 2016 dalam bentuk pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG) dimulai awal September ini. 

"Sasarannya adalah guru dalam jabatan (guru yang sudah mengajar, red) pada 2006 sampai 2015," kata Pranata.



Awalnya guru-guru dalam jabatan yang diangkat pada kurun 2006-2015 biaya sertifikasinya ditanggung sendiri. Namun rencana itu akhirnya dikoreksi oleh pemerintah. Akhirnya diputuskan kembali mendanai biaya sertifikasi.

Pranata mengatakan pemerintah akhirnya bersikap longgar dengan membiayai sertifikasi 540 ribu guru. Karena anggaran terbatas, tahun ini kuota sertifikasi guru hanya 120 ribu orang.



"Tapi karena anggarannya terbatas, maka dipecah dalam beberapa tahun", kata Pranata.

Rata-rata anggaran sertifikasi dalam bentuk PLPG itu mencapai Rp 15 juta sampai Rp 20 juta per orang. Durasi pendidikannya hanya sepuluh hari.

Pelaksanaan sertifikasi guru tahun 2016 dalam bentuk PLPG itu diselenggarakan di kampus lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) yang ditunjuk pemerintah.

Guru tidak perlu mendaftar, Kemendikbud sudah menetapkan nama-nama guru yang berhak ikut sertifikasi tahun ini. Menurutnya guru-guru dengan usia yang lebih senior akan didahulukan jadwal sertifikasinya.




Demikain informasi yang kami sampaikan mengenai Proses Sertifikasi Guru 2016 memlaui Program PLPG yang akan dimulai pada bulan September ini.


EmoticonEmoticon