Senin, 15 Agustus 2016

Kenapa tidur siang itu penting? Berikut Manfaatnya Lengkapnya

Tidur siang yang biasanya diabaikan oleh banyak orang ternyata memiliki manfaat yang luar biasa. Selain untuk menghimpun kembali tenaga yang telah digunakan saat pagi hari, tidur siang juga memiliki beberapa manfaat tersembunyi, yang saya yakin belum banyak yang mengetahuinya. 

Apa sajakah manfaat tidur siang tersebut? Apakah penting buat kesehatan tubuh? Daripada penasaran langsung aja deh simak informasi kesehatan selengkapnya di bawah ini.

1. Membantu Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat luar biasa dari tidur siang  yang pertama adalah, dapat meningkatkan daya ingat otak. Hal ini didasarkan pada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwasanya tidur siang tersebut bisa meningkatkan daya ingat apalagi bagi orang tua dan anak-anak.

Daya ingat akan berkurang seiring dengan terus bertambahnya usia seseorang, sehingga jika orang tua meluangkan waktu untuk tidur siang sekitar 10 menit hingga 30 menit, ini akan membantu untuk menjaga daya ingat otak. Demikian juga pada anak-anak, tidur siang akan lebih membantu untuk mengingat sesuatu.

manfaat tidur siang
Dalam sebuah penelitian juga diungkapkan bahwa tidur siang yang dilakukan selama 5 menit bisa membantu meningkatkan fungsi memori otak.

Sedangkan dalam penelitian yang lainnya, tidur siang yang dilakukan dalam durasi 30 hingga 60 menit akan membantu meningkatkan kreativitas, daya ingat serta akan membantu untuk menghafal kosakata ataupun mengingat arah.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah Anda tinggi? Cobalah untuk tidur siang, karena manfaat luar biasa yang kedua dari tidur siang adalah membantu untuk menurunkan tekanan darah.

Nah, karena tekanan darah juga dapat dikurangi, tentu saja tidur siang ini juga dapat menurunkan resiko penyakit jantung, yang kita tahu faktor dominannya adalah tekanan darah tinggi.

3. Menenangkan Saraf dan Juga Mengurangi Stress 

Setelah pagi hari Anda penuhi dengan berbagai aktivitas, saraf otak Anda pasti akan menjadi tegang sehingga bisa menjadi beban bagi otak Anda, dan beban tersebut dapat berkembang menjadi stress.

Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi Anda untuk tidur siang supaya saraf Anda menjadi tenang dan juga agar Anda tidak mudah stress.

4. Meningkatkan Mood 

Mood juga akan berpengaruh terhadap kinerja Anda. Namun, bila mood Anda tengah kacau atau berada dalam kondisi yang tidak baik, tentu saja ini akan menyebabkan pekerjaan Anda menjadi kacau juga dan hasilnya menjadi tidak maksimal.

Inilah manfaat luar biasa dari tidur siang yang keempat, yakni bisa meningkatkan mood Anda. Cobalah untuk bersantai sejenak dengan tidur siang sehingga mood Anda bisa menjadi lebih baik yang tentu akan membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan Anda dengan baik.

5. Meningkatkan Kewaspadaan

Adapun manfaatkan luar biasa dari tidur siang yang kelima dalam pembahasan artikel kali ini adalah meningkatkan kewaspadaan. Bagaimana tidak, setelah saraf menjadi tenang dan Anda juga tidak stress dan mood juga baik, tentu saja ini akan meningkatkan kewaspadaan Anda.

tidur siang untuk kesehatan
Tetapi sebaliknya, jika Anda stress ditambah mood yang lagi kacau dengan kondisi badan yang lelah, tentu akan membuat Anda kurang berkonsentrasi sehingga kewaspadaan Anda juga pasti akan menurun yang juga akan berakibat tidak baik pada diri Anda sendiri.

Nah, gimana.. sangat penting bukan manfaat tidur siang buat kita. Jadi buat sahabat semua terlebih untuk kamu yang sudah mempunyai buah hati, pastikan untuk membiasakan tidur siang rutin setiap hari. Agar mendaptkan manfaat positif, seperti dalam penjelasan di atas.


EmoticonEmoticon