Minggu, 21 Agustus 2016

Hati-hati, Virus Android Bisa Curi Data Login Facebook dan Media Sosial Lainnya !


Dewa757Di tahun 2013 lalu, pakar keamanan siber menemukan sebuah malware Android berjenis Trojan yang diberi nama 'Marcher'. Setelah lama diatasi, baru-baru ini Marcher menerima update yang membuatnya ganas kembali.

Softpedia (20/08), melaporkan bila update terbaru Marcher memungkinkan malware ini untuk mencuri informasi login akun (username dan password) sosial media seperti WhatsApp, Viber, Skype, Facebook, Facebook Messenger, Instagram, Twitter, Gmail, Line, UC Browser, Chrome, dan Google Play Store

Caranya, Marcher akan memunculkan jendela login palsu saat pengguna mengaktifkan salah satu aplikasi tadi. Tentu Anda harus waspada saat tiba-tiba diminta untuk login padahal Anda tidak logout dari si aplikasi.

Dewa757 - Sebuah smartphone Android dapat terinfeksi Marcher bila ceroboh memasang aplikasi dari toko aplikasi abal-abal. Pakar dari Zscaler, lembaga yang pertama menemukan update baru Marcher, menambahkan bila si malware Trojan tersebut aktif disebarkan pula melalui situs Google palsu. Si hacker pengirimnya menyamarkan Marcher sebagai update keamanan aplikasi di OS Android.

Data login curian Marcher disebut dikumnpulkan ke sebuah server online. Belum jelas akan dipakai apa data-data login ini nanti.

Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Zscaler mewanti-wanti pengguna untuk tidak asal memasang aplikasi di luar Google Play Store.










EmoticonEmoticon